Hari Pangan Sedunia (World Food Day)

Agriculural Cooperatives : Key to Feeding The World….

Agroindustri Berbasis Kemitraan Petani Menuju Kemandirian Pangan….

Itu adalah tema hari pangan sedunia atau world food day tahun 2012 yang di dunia dicanangkan oleh FAO (Food and Agriculture Organization of the United Nations) dan di Indonesia oleh Kementerian Pertanian. Berbicara mengenai pangan hingga akhir zaman pasti hal ini akan terus dibahas dan menjadi isu global.

Pangan, kemiskinan, dan daya saing bangsa sangat berkaitan erat. Bila suatu bangsa tidak memiliki ketahanan pangan yang baik maka bisa dipastikan tingkat kemiskinannya pun relatif tinggi. Suatu bangsa atau negara yang tidak memiliki sumber daya alam di negaranya tapi mampu mengadakan pangan untuk rakyatnya maka umumnya tingkat kemiskinan di negara tersebut relatif rendah. Pangan yang tersedia bagi seluruh warga negara dan bergizi tentunya dapat meningkatkan kualitas hidup manusia warga negara dan ini akan berdampak pada peningkatan daya saing bangsa secara umum.

Di negara maju, mereka melakukan subsidi terhadap pertanian (pangan) sementara di negara berkembang (termasuk Indonesia) juga masih disubsidi (tidak penuh). Walaupun demikian seringkali kita mendengar di media massa lembaga pembiayaan/keuangan internasional meminta adanya pencabutan subsidi di sektor pertanian (suatu hal yang tidak logis). Semoga petani tetap terus mendapat perhatian penuh pemerintah.

Target swasembada  pangan pokok yang dicanangkan pemerintah 2014 semoga saja tercapai sehingga negara kita bisa termasuk negara yang memiliki ketahanan pangan yang baik. Dan untuk mencapai target itu bukan hanya pemerintah yang harus perhatian tapi semua elemen bangsa harus mendukung pentingnya kita memiliki ketahanan pangan yang baik. Jika kita mampu mandiri, memproduksi pangan sendiri dengan kesuburan tanah yang dianugerahi Allah Yang Maha Esa maka sangat pas jika Indonesia bisa maju pangannya, makmur petaninya, makmur rakyatnya. Semoga peringatan hari pangan sedunia bukan hanya sekedar peringatan.

Jayalah petaniku, jayalah Indonesiaku

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s