Agro Techno Park Palembang Akan Dilepas ke Pemprov Sumsel

Indralaya, Sumsel (ANTARA) – Kunjungan Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta, meninjau Agrotechnopark Palembang di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, diharapkan memberikan perkembangan bagi komplek pertanian terpadu tersebut.

“Saya berharap Agrotechnopark Palembang ini bisa lebih maju, apalagi setelah adanya kunjungan Menristek, mengingat selama ini masih ada beberapa masalah terkait agrotechnopark ini,” ujar koordinator lapangan Agrotechnopark Palembang, Dr Munandar, di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Sabtu.

Selain masalah aspek legalitas, salah satu persoalan agrotechnopark itu adalah pemindah-alihan pengawasan kepada Pemprov Sumsel yang belum juga selesai, kata dia.

Selama ini, pengawasan serta pengurusan administrasinya masih dilakukan oleh Kemenristek.

“Pengalihan pengawasan ke Pemprov Sumsel yang belum selesai juga menghambat kemajuan agrotechnopark ini,” kata Munandar yang juga dosen Universitas Sriwijaya (Unsri).

Agrotechnopark merupakan suatu kawasan untuk menerapkan berbagai jenis teknologi terpadu di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan pengolahan hasil (pasca panen).

Pengelolaan agrotechnopark rencananya akan dilimpahkan ke Pemprov Sumsel pada tahun 2013 nanti.

“Selama ini pengawasan Agrotechnopark Palembang masih dilakukan oleh Kemenristek pusat, namun pada 2013 nanti rencananya akan dilimpahkan ke Pemprov Sumsel,” ujar Menristek Gusti M Hatta pula, saat berkunjung ke lokasi eks Patra Tani di kawasan Indralaya Utara, Ogan Ilir itu, Jumat (11/11).

Pelimpahan pengawasan ke pemprov ini diharapkan mampu mengembangkan kawasan agrotechnopark, mengingat pengawasan oleh pemda setempat bisa lebih fokus dibandingkan pengawasan yang dilakukan langsung oleh Kemenristek, ujar dia pula.

“Kalau seluruh pemda mau mengurusi agrotechnopark, saya yakin seluruh provinsi di Indonesia ini bisa memiliki kawasan agrotechnopark tersendiri,” kata dia.

Sumber : Antara

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s