Agro Techno Park Temanggung

Agro Techno Park mengemban  misi mempercepat alih teknologi, layak teknis, ekonomi sosial dan ramah lingkungan . Selain itu membangun  kawasan percontohan pertanian terpadu berbasis teknologi untuk peningkatan produktifitas , efisiensi dan nilai tambah produk.

Demikian dikemukakan, DR. Ir. Ophir Sumule yang membidangi Sistem Jaringan Produksi Deputi Sistem Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nasional Kementrian Negara Riset dan Teknologi pada acara Sosialisasi Program Agro Techno Park ( ATP ) di Loka Bhakti Praja kompleks Setda Kabupaten Temanggung Senin ( 14/12 ). ATP diselenggarakan oleh Badan Penelitian  dan  Pengembangan  Provinsi Jawa Tengah dihadiri Bupati Drs. Hasyim Afandi  dan diikuti pejabat terkait baik dari Kabupaten Temanggung, Semarang , Wonosobo dan Karanganyar.

“ Melalui Agro Techno Park  akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang terampil, handal dan mandiri . Disisi lain bertujuan mengembangkan model pertanian terpadu bersiklus biologi sesuai potensi dan kondisi daerah “ tandasnya.

Menurutnya  model pertanian terpadu bersiklus biologi atau lebih dikenal dengan sebutan biocyclofarming  memiliki keunggulan berupa sumber penghasilan beragam dan  nilai tambah hasil pertanian meningkat. Disamping itu pendapatan dan kesejahteraan meningkat, kebutuhan gizi seimbang tercukupi, kesuburan dan produktifitas lahan membaik.serta ramah lingkungan.

Dikatakan, strategi pengembangan ATP ditempuh melalui  keterpaduan yakni mengintegrasikan beragam usaha tani dan industri hulu-hilir dalam suatu usaha tani terpadu bersiklus biologi. Mengelola seluruh aktifitas dengan pendekatan bisnis sebagai model pusat penerapan Iptek yang mandiri. Mendayagunakan sumberdaya yang ada secara berkelanjutan untuk menjamin keberlangsungan program.

“ ATP  juga dikembangkan dengan memberdayakan masyarakat melalui pendidkan, pelatihan dan pelibatan pada seluruh kegiatan. Memanfaatkan iptek dalam seluruh kegiatan demi peningkatan efisiensi produksi, keragaman dan kualitas produk serta nilai tambah melalui proses  adaptasi, intregasi dan pengambangan iptek” katanya menambahkan.

Bupati  Hasyim Afandi  mengatakan, Agro Techno Park diharapkan  menjadi pusat  transfer teknologi petanian  kepada masyarakat  dan pusat percontohan pertanian terpadu untuk skala  nasional dan internasional. Model pertanian terpadu  yang dikembangkan ujarnya  adalah keterpaduan beberapa kelompok komoditi pertanian, peternakan, perikanan dengan berprinsip  zero waste atau tak ada bahan terbuang.

“ Prinsip tesebut dilakukan dengan pengelolaan pertanian mulai dari penanaman hingga pasca panen, pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak. Kemudian  memanfaatkan limbah ternak menjadi bioenergi dan pupuk yang berguna bagi pertanian “ ujarnya.

 

Sumber: temanggungkab.go.id

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s