Program Pengembangan Pusat Unggulan IPTEK 2011

Berikut ini adalah informasi Program Pengembangan Pusat Unggulan IPTEK Tahun 2011 dari Kementerian Riset dan Teknologi RI.

Salah satu upaya dalam penguatan Sistem Inovasi Nasional adalah melalui penguatan kelembagaan Iptek dengan serangkaian kebijakan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan iptek. Berkenaan dengan hal tersebut Kementerian Riset dan Teknologi meluncurkan Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas lembaga litbang (kelembagaan, sumberdaya, dan jaringan iptek) sehingga menjadi bertaraf internasional dalam bidang prioritas spesifik agar terjadi peningkatan relevansi dan produktivitas serta pendayagunaan iptek dalam sektor produksi untuk menumbuhkan perekonomian nasional dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pusat Unggulan Iptek yang dimaksud adalah suatu organisasi baik berdiri sendiri maupun berkolaborasi dengan organisasi lainnya (konsorsium) yang melaksanakan kegiatan-kegiatan riset bertaraf internasional pada bidang spesifik secara multi dan interdisiplin dengan standar hasil yang sangat tinggi serta relevan dengan kebutuhan pengguna iptek. Pengembangan Pusat Unggulan Iptek dilakukan dengan cara memperkuat lembaga litbang yang telah ada, agar dapat dicapai kinerja litbang dengan standar yang tinggi.

Mulai tahun 2011 akan dilakukan seleksi terhadap lembaga litbang yang akan dibina menjadi Pusat Unggulan Iptek. Insentif pembinaan lembaga litbang untuk menjadi Pusat Unggulan Iptek akan diberikan mulai tahun 2012. Untuk itu kami mengundang lembaga litbang yang ada untuk mengikuti Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek.

Adapun persyaratan dan ketentuan lainnya yang terkait dengan pengembangan Pusat Unggulan Iptek dapat di klik pada link dibawah ini:

http://ristek.go.id/?module=File&frame=Pengumuman/2011/PEDOMAN%20PU%2001062011/PU%20Iptek.html

Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat menghubungi:

Sekretariat Pengembangan Pusat Unggulan Iptek
Kementerian Riset dan Teknologi
Deputi Bidang Kelembagaan Iptek
Gedung II BPPT Lantai 8
Jl. MH Thamrin 8 Jakarta 10340
Telp. 021-3169288, Faks. 021-3102014

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s