Inovasi dalam Sistem Pendidikan

Inovasi dalam Sistem Pendidikan: Potret Praktik Tata Kelola Pendidikan Menengah Kejuruan (Seri Model Tata Kelola Pemerintahan yang Baik)

Berikut ini adalah hasil dari penelitian dan pengembangan KPK dalam mendorong tata kelola pemerintahan di bidang pendidikan:

———————————————————————————————–

Dalam rangka pencegahan tindak pidana korupsi, KPK selalu mendorong upaya-upaya pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di berbagai bidang/sektor, terutama bidang layanan publik. Pada tahun 2009 Direktorat Litbang KPK melakukan studi terhadap pelaksanaan tata kelola pemerintahan di bidang pendidikan. Kegiatan ini kemudian berlanjut pada tahun 2010 dalam bentuk pengembangan buku dan CD Interaktif/Mutimedia terkait Inovasi pada Sistem Pendidikan di Sekolah Kejuruan.

 
Studi difokuskan kepada pelaksanaan tata kelola layanan pendidikan kejuruan, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan mengambil contoh tata kelola yang baik pada SMKN 4 Kota Malang dengan program kejuruan grafika, SMKN 8 Kota Makassar dengan program kejuruan perhotelan dan restoran, dan SMKN 2 Kabupaten Subang dengan program kejuruan pertanian.

Output studi dalam bentuk buku dan CD interaktif ini selanjutnya akan disebarluaskan ke pemerintah daerah dan sekolah-sekolah kejuruan dengan tujuan memberikan inspirasi dan semangat kepada pemerintah daerah dan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan kejuruan yang inovatif dan bertata kelola yang baik.

Untuk lengkapnya silahkan klik disini

========================

Sumber : kpk.go.id

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s