Jangan Buang Kulit Pisang Anda

Saat ini kulit pisang bukan lagi hanya untuk kompos saja, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kulit pisang dapat menekan tingkat pencemaran logam berat pada air sungai.

Logam-logam seperti timbal dan tembaga banyak mencemari aliran sungai yang berasal dari berbagai sumber seperti dari limbah industri dan pertanian. Logam berat diketahui memiliki dampak negatif terhadap kesehatan manusia dan spesies makhluk hidup lainnya. Timbal dapat mempengaruhi fungsi otak dan sistem syaraf.

Secara tradisional, para insinyur biasanya menggunakan silika, selulosa dan aluminium oksida untuk memisahkan logam-logam berat dari air, tetapi teknik remediasi tersebut menghabiskan biaya yang tinggi dan kemungkinan masih menghasilkan efek samping.

Salah satu solusi yang aman untuk mengatasinya yaitu dengan pisang. Kulit pisang dapat berkompetisi dengan bahan lain dalam memisahkan logam berat dari air, ujar Gustavo Castro, peneliti pada Biosciences Institute at Botucatu, Brazil. Untuk penelitian kulit pisang tersebut, Castro dan timnya mengeringkan dan menggiling kulit pisang, kemudian mencampurkannya dengan air yang tercemar. Hasilnya adalah logam-logam dapat diminimumkan dari air dan terikat pada kulit pisang tersebut.

Penelitian-penelitian lain menunjukkan bahwa bagian dari tumbuhan lain seperti limbah apel dan tebu, serat kelapa dan kulit kacang tanah – dapat menghilangkan toksin-toksin dari air.

Begitu banyak kegunaan dari bahan alam di dunia ini seperti halnya kulit pisang. Jadi jangan buang kulit pisang anda. Manfaatkanlah sebaik-sebaiknya.

Ref: nationalgeographic

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s